Rabu, 08 April 2015

"Ada orang yang mengagumi dalam diam"

Di dunia ini, banyak orang orang mencintai seseorang yang bahkan bicara dengannya langsung lebih dari 5 menit saja pun belum pernah.
– Tere Liye

Tulisan ini seketika setelah membaca #quote dari Tere Liye. Seketika setelah kemudian muncul kata-kata di dalam pikiran.  Entah kenapa, kata-kata penulis buku best seller itu benar adanya.

Ada orang yang mengagumi dalam diam
Tidak semua orang bisa mengungkapkan perasaan.  Entah dia laki-laki atau perempuan, tua atau muda, karena ada waktunya ketika seorang manusia merasa mulutnya terkunci rapat ketika bertemu seseorang lainnya. Dia tidak takut, hanya kurang berani saja.

Dalam kehidupan ini, kita akan belajar bahwa banyak orang yang hanya bisa melihat orang lainnya dari kejauhan saja. Orang yang dikaguminya. Tak ada segenggampun keberanian yang mereka miliki untuk sekadar megucapkan salam ataupun tersenyum. Ya, kata ibarat soal matematika, sangat sulit.
Pernah aku melihat, seorang lelaki pendiam yang setiap hari hanya melihat seseorang yang dikaguminya dari kejauhan. Pandangannya tak bisa lepas. Apa mau dikata, keberanian yang dia miliki hanyalah sebesar batu kecil yang kalau kugenggam tak berarti apa-apa. Setiap hari lelaki itu hanya berjalan dibelakang, menatap orang yang dikaguminya itu berjalan dengan seseorang lainnya. Dia bahkan tak berani menatapnya. Menatap kenyataaan yang ia bahkan tak sanggup untuk menerimanya.

Apa yang ia dapat? helaan nafas. Berjalan menatap ke tanah.
Kalau aku menjadi lelaki itu, mungkin aku akan berhenti. Membawa diriku ke lepas pantai dan berteriak. Melepaskan segala penderitaan yang kubawa. Aku sadar, lelaki itu hanya bisa membatasi perasaannya pada rasa kagum. Mungkin, dia yang membuat dirinya terbatasi. Namun, apapun itu, aku percaya, ada orang yang hanya bisa mengagumi dalam diam.

Setelah aku melihat hal seperti itu, aku coba berjalan ke taman, duduk diatas rumput hijau dan menunggu sore tiba. Menatap senja membuat diriku mengerti segalanya. Memang, perasaan adalah teka-teki yang tak terpecahkan. Kadang manusia dibuatnya lelah, hingga ia menyerah dan berhenti berharap. Akan tetapi, terkadang dibuatnya manusia tersenyum semringah, seakan ia memiliki sayap untuk terbang dan memberi salam pada awan.

Cinta memang penuh teka-teki, bahkan untuk semua orang. Karena ada orang yang hanya butuh 5 menit dari sepanjang hidupnya untuk memilikinya. Namun, ternyata ada juga orang yang hanya butuh 5 menit untuk menyadari bahwa dia hanya bisa mengagumi untuk sepanjang hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar